Minggu, 08 Desember 2019

Poster ujian praktik

POSTER UNTUK UJIAN PRAKTIK


          Untuk membuat poster ujian praktik ini, kita menggunakan aplikasi corel draw. Dengan aplikasi ini kita dimudahkan untuk mendesain poster buatan kita sendiri. Dan inilah hasil poster ujian praktik saya menggunakan corel draw.





          Keren kann ??!! Dengan corel draw kita bisa membuat berbagai desain seperti, brosur, poster, kartu ucapan, dan banyak lainnya. Tapi karena saya belum pro menggunakan corel draw alhasil jadinya hanya sederhana.

          Poster yang saya buat ini bertema kenakalan remaja. Saya membuat poster yang menghimbau untuk menjauhi kegiatan negatif bagi remaja yaitu menjauhi narkoba dan merokok. Disana saya menggambar rokok dan narkoba dengan harapan agar remaja zaman sekarang mau menjauhi hal tersebut karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain serta dapat menghancurkan masa depan.
Narkoba tidak memiliki dampak yang positif oleh karena itu marilah kita jauhi narkoba dan merokok.

          Cara membuat poster di atas sebenarnya sangat sederhana. Caranya yaitu:
  1. Pertama buat file baru dengan ukuran A4 
  2. Kedua buatlah persegi berwarna hitam dan ditambahi persegi lagi dengan ukuran yang lebih kecil dengan warna yang berbeda sebagai bingkai pemanis.
  3. Mulai dengan menggambar narkoba kapsul dan tablet dengan menggunakan "eclipse tool" kemudian beri garis di tengahnya dengan "bezier" agar mirip seperti obat.
  4. Beri warna pada obat tersebut sesuai dengan keinginanmu.
  5. Kemudian buatlah jarum suntiknya dengan memnggunakan "rectangle tool" yang dibentuk sedemikian rupa menjadi bentuk suntikan. 
  6. Untuk membuat bagian segitiganya kalian bisa menggunakan "polygon tool"dengan 3 sisi. 
  7. Sedangkan untuk mebuat garis garis pada suntikan kalain bisa menggunakan " bezier" . 
  8. Agar jarum suntik kalian bisa miring kalian bisa menggunakn "pick tool" untuk merotasikan dengan cara klik 2*.
  9. Jangan lupa beri keterangan tulisan dengan menggunakan "text tool" dan warnai jarum suntik sesuai keinginanmu agar tampak lebih menarik.
  10. Selanjutnya kita membuat rokok caranya sama dengan suntikan yaitu menggunakan "rectangle tool" dan untuk merotasikan dengan klik "pick tool" 2*.
  11. Dalam memberi warna aku menggunakn "fill tool" dan pilih option "fountain fill" untuk menghasilkan warna gradasi.
  12. Kemudian untuk membuat asapnya saya menggunakan "eclipse tool". Buat lingkaran sebanyak yang kamu ingin kemudian berilah warna abu abu.
  13. Selanjutnya susun lingakaran lingkaran tersebut sehingga menyerupai asap.
  14. Terakhir beri tulisan ajakan pada poster anda "Jauhi penggunaan narkoba dan stop merokok."
  15. Jika kalian ingin mengganti jenis font dan ukuran font bisa juga lhoo!!
          Itulah langkah langkah yang saya lakukan untuk membuat poster saya. Simple kan?? Semoga langkah langkah ini dapat membantu anda. :)



0 komentar:

Posting Komentar

Poster ujian praktik

POSTER UNTUK UJIAN PRAKTIK           Untuk membuat poster ujian praktik ini, kita menggunakan aplikasi corel draw. Dengan aplikasi ini ...