Selasa, 19 November 2019

Reproduksi Vegetatif Hewan

Reproduksi Vegetatif pada Hewan


1. Fragmentasi




       Fragmentasi berasal dari kata fragmen yang berarti bagian bagian. Individu baru terbentuk dari           bagian tubuh yang terbagi bagi. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan fragmentasi                   adalah cacing planaria.Tubuh planaria akan menjadi beberapa bagian dan berkembang menjadi           individu baru.


2. Pembentukan tunas



        Pembentukan tunas merupakan perkembangbiakkan dengan memebentuk tunas pada saat masa            polip atau hidup menetap. Kemudian tunas tersebut akan terlepas dari polip dan memebentuk              medusa . Medusa tersebut merupakan bentuk yang dapat bergerak bebas dan berkembangbiak              secara seksual. Contoh hewan yang berkembangbiak secara pertunasan adalah ubur ubur, hydra,          dan obelia.


 3. Partenogenesis 





     Partenogenesis merupakan peristiwa perkembangan sel kelamin betina menjadi individu baru             tanpa melalui proses fertilisasi. Jadi individu baru merupajkan invidu haploid yang tumbuh dari           sel haploid. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan partenogenesis adalah kecoak dan lebah.

0 komentar:

Posting Komentar

Poster ujian praktik

POSTER UNTUK UJIAN PRAKTIK           Untuk membuat poster ujian praktik ini, kita menggunakan aplikasi corel draw. Dengan aplikasi ini ...